Entri Populer

bahasaku bahasa .........

Bahasaku adalah bahasa yang aku mengerti dan aku berharap orang lainpun mengerti. susah memang memahami bahasa bila kita tidak mengenalnya. amati kehidupan, maka kamu akan menemukan bahasa sejati. bahasa sanubari dan ekspresi


Januari 25, 2011

HAKEKAT MANAJEMEN PEMASARAN

I. Hakekat manajemen pemasaran
A. Definisi pasar
1. Definisi pasar secara umum yaitu tempat pembeli dan penjual bertemu, berfungsi tertentu, barang dan jasa tersedia untuk dijual, serta terjadi perpindahan hak ilik. Pendapat lain mengemukakan, jumlah seluruh permintaan barang dan jasa oleh pembeli-pembeli potensial ( dalam basu swasta)
2. Definisi pasar menurut Philip kotler; “ pasar terdiri atas semua pelanggan potensial yang memiliki kebutuhan dan keinginan tertentu, mau dan mampu dalam pertukaran barang dan jasa”.
3. Definisi pasar menurut J. Stanton:” pasar adalah orang-orang yang mempunyai keinginan untuk puas, uang untuk berbelanja, dan kemauan untuk membelanjakan”.

B. Definisi pemasaran
1. Definisi pemasaran menurut Wj. Stanton :“ Pemasaran adalah sistem keseluruhan kegiatan usaha yang ditujukan untuk merencanakan, menentukan harga, mempromosikan, mendidtribusikan barang dan jasa yang dapat memuaskan kebutuhan pembeli yang ada maupun pembeli potensial”.
2. Definisi pemasaran menurut Philip Kotler :” pemasaran adalah proses social dan manajerial saat individu dan kelompok mendapatkan kebutuhan dan keinginan dengan menciptakan, menawarkan produk yang bernilai satu sama lain.

C. Definisi manajemen pemasaran
Menurut Philip Kotler ;” manajemen pemasaran adalah proses perencanaan produk, penentuan harga, promosi, dan distribusi dari barang dan jasa untuk menciptakan barang pertukaran dengan kelompok sasaran dengan memenuhi tujuan pelanggan dan organisasi”. Sedangkan menurut W.J Stanton, yaitu sistem keseuruhan dari kegiatan usaha yang ditujukan untuk merencanakan produk, menentukan harga, mempromosikan, mendidtribusikan barang dan jasa yang dapat memuaskan kebutuhan pembeli yang ada maupun pembeli potensial.

TUJUAN ORGANISASI PEMASARAN
1. Memenuhi keinginan dan kebutuhan konsumen
2. Menciptakan barang dan jasa berkualitas
3. Memperoleh kepercayaan dari konsumen
4. Memuaskan konsumen
5. Meningkatkan volume penjualan
6. Mendapatkan laba maksimal
7. Menyejahterakan pihak manajerial dan operasional perusahaan
8. Menyelaraskan kelangsungan hidup perusahaan dan konsumen
9. Memelihara lingkungan fisik dan Psikis perusahaan dan sekitarnya

II. Konsep pemasaran ( Marketing concept)
Konsep pemasaran yaitu : sebuah falsafah bisnis yang menyatakan bahwa, pemuasan kebutuhan konsumen merupakan syarat ekonomi dan social bagi kelangsungan hidup perusahaan ( basu swasta )

• Dasar konsep konsumen
1. Berorientasi pada konsumen
a. Menentukan kebutuhan pokok konsumen
b. Memilih kelompok pembeli sebagai sasaran
c. Menentukan produk dan program pemasaran
d. Mengadakan penelitian kepada konsumen
e. Menentukan dan melaksanakan strategi yang tepat

2. Volume penjualan yang menguntungkan dengan cara memuaskan konsumen untuk mendapatkan laba. Hal ini dapat memberikan kesempatan kepada perusahaan untuk berkembang secara maksmal. Selain itu, juga sebagai cermin dari kepuasan pelanggan dengan ditandai adanya pembelian ulang.
3. Koordinasi dan integrasi dalam perusahaan, mulai dari manajer produksi, manajer personalia, manajer keuangan dan manajer pemasaran.

KONSEP INTI PEMASARAN
1. Keinginan dan kebtuhan konsumen
2. Permintaan produk
3. Nilai dan kepuasan
4. Transaksi
5. Pertukaran
6. Hubungan
7. Pasar

PERBEDAAN ANTARA KONSEP PEMASARAN DENGAN PENJUALAN
ASPEK KONSEP PEMASARAN KONSEP PENJUALAN
1. Tujuan Melayani keinginan konsumen untuk mendapatkan laba Melayani keinginan perusahaan
2. Falsafah Menentukan keinginan konsumen dan berusaha untuk memuaskan Membuat produk dan menyakinkan konsumen untuk membeli
3. Personal yang terlibat Seluruh personalia yang ada dalam perusahaan Terfokus pada bidang promosi dan penjualan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar