Entri Populer

bahasaku bahasa .........

Bahasaku adalah bahasa yang aku mengerti dan aku berharap orang lainpun mengerti. susah memang memahami bahasa bila kita tidak mengenalnya. amati kehidupan, maka kamu akan menemukan bahasa sejati. bahasa sanubari dan ekspresi


Februari 14, 2012

PERPUSTAKAAN PUSAT UNP KEDIRI


PERPUSTAKAAN PUSAT

 UNIVERSITAS NUSANTARA PGRI KEDIRI

 

I.    PENDAHULUAN 
Perpustakaan Perguruan Tinggi mempunyai tugas memberikan pelayanan kepada civitas akademiknya dibidang pustaka dalam rangka melaksanakan program Tri Darma Perguruan Tinggi, yaitu Pendidikan dan pengajaran, penelitian, dan Pengabdian pada Masyarakat. 
            Untuk Pendidikan dan pengajaran, Perpustakaan perlu menghimpun dan miminjamkan bahan pustaka yang dapat memperluas cakrawala pandang pemakainya. Bahan pustaka yang dimasukkan dalam kelompok ini adalah buku acuan atau buku referensi, non fiksi, majalah, dan beberapa surat kabar. Untuk menunjang kegiatan penelitian perpustakaan perlu menghimpun hasil-hasil penelitian baik yang telah diterbitkan secara luas maupunn terbatas. Laporan hasil penelitian ini biasanya disertai dengan data statistik sebagai penunjang. Misalnya : Skripsi (hasil penelitian mahasiswa S1) dan Tesis hasil penelitian mahasiswa S2, Disertasi hasil penelitian mahasiswa S3 dan sejumlah laporan penelitian yang dimuat dalam jurnal penelitian. Sedangkan untuk menunjang kegiatan pengabdian pada Masyarakat Perpustakaan menghimpun hasil penelitian mahasiswa yang melaksanakan kuliah kerja nyata (KKN) atau kuliah kerja lapangan (KKL)
            Dalam menunjang kegiatan perkuliahan fungsi perpustakaan menjadi sangat penting karena mahasiswa bisa memanfaatkannya untuk belajar, diskusi, dan penelusuran berbagai bahan pustaka, hal ini sesuai dengan fungsi perpustakaan yang meliputi fungsi Informasi, Pendidikan, Penelitian, Budaya dan Rekreasi
Melalui P4T di lingkungan UNP kediri mahasiswa diharapkan:
1. Sadar akan adanya jasa layanan perpustakaan yang dapat dimanfaatkan
2. Mengenal secara baik sumber-sumber informasi yang dibutuhkan
3. Mampu mempergunakan metode dan teknik penelusuran bahan pustaka
4. Mampu memahami sejumlah layanan yang ada di perpustakaan UNP kediri

II.     VISI, MISI, TUJUAN DAN FUNGSI PERPUSTAKAAN UNP KEDIRI
      
   VISI :
            Mengembangkan dan memperdayakan potensi Perpustakaan untuk mendukung pelaksanaan Tri Darma Perguruan Tinggi.

MISI :
       1. Meningkatkan dan mengembangkan koleksi Perpustakaan
       2. Meningkatkan layanan pada civitas akademika
       3. Meningkatkan dan mengembangkan SDM Perpustakaan
                   4. Menyelenggarakan kerjasama bidang perpustakaan dengan perpustakaan lain dan instansi terkait.
      
            TUJUAN :
                        Meningkatkan, mengembangkan, dan mempertinggi aktifitas dan inat baca civitas akademika sehingga dapat mendukung kemampuan di bidang akademik, penelitian dan pengabdian masyarakat

            FUNGSI :
                        1.  Fungsi Informasi
                        2.  Fungsi Pendidikan 
                        3.  Fungsi Penelitian
                        4.  Fungsi Kebudayaan
                        5.  Fungsi Rekreasi 

III. MACAM SUMBER REFERENSI DAN INFORMASI ILMIAH 
      Segala aktivitas informasi memerlukan sumber informasi, sarana penyampaian dan penerima. Informasi dapat berupa keterangan yang berasal dari ide-ide pemikiran perorangan maupun kelompok yang tercetak maupun terekam, gambar data dan sebagainya. Karena keanekaragaman bentuk sumber informasi menyulitkan pengguna informasi maka sumber informasi perlu dikelompokkan menurut Subyek, Format, Kode atau gabungan dari unsur-unsur tersebut.  

Sumber Primer adalah karangan asli yang ditulis secara lengkap oleh satu atau beberapa orang. Misalnya : Monografi, artikel dalam majalah, hasil penelitian, laporan langsung atau reportase ( dalam bentuk rekaman) dan skripsi, tesis, atau disertasi.

Sumber Sekunder merupakan segala jenis ringkasan sumber primer. Sumber ini merupakan alat bantu bagi pemakai dalam menentukan jenis informasi yang diperlukan. Melalui ringkasan karangan asli pemakai dapat memilih informasi sesuai dengan bidangnya. Misalnya : ensiklopedi , kamus, direktori, buku pegangan, almanak, buku tahunan, biografi, abstrak, dan sumber referensi lainnya.

Sumber Tersier : sumber ini dapat dipergunakan sebagai informasi awal untuk menelusuri informasi berikutnya. Misalnya: bibliografi dan indeks

IV. KOLEKSI PERPUSTAKAAN
1. Buku ( Sekarang
2. Referensi
             1. Almanak (contoh: Almanak Indonesi, Jakarta:BPS 1970)
             2. Ensiklopedia
             3. Kamus
             4. Skripsi, Tesis, Laporan Hasil Penelitian
             5. Majalah
             6. Jurnal Ilmiah
             7. Koran
             8. CD (program-program perpustakaan)
             9. Ruang Komputer dan internet dengan 10 unit komputer Speedy Unlimited     dan Hotspot


V.     STRUKTUR ORGANISASI DAN BAGIAN LAYANAN PERPUSTAKAAN UNP KEDIRI
A.                  


YPLP PT PGRI KEDIRI 

REKTOR UNP KEDIRI

PEMBANTU REKTOR !

KEPALA PERPUSTAKAAN

STAF PERPUSTAKAAN


 























  1. Bagian layanan perpustakaan
1.      Bagian layanan administrasi (LA)     : Soharto
2.      Bagian layanan teknis (LT)
a.       layanan teknis peminjaman (LTPM)      : Sri Hartini , Nuruh Hasanah
b.      Layanan Teknis penagihan (LTPN)       : Nanang Sugiono
3.      Bagian layanan umum (LU)                         : Sutrisni
4.      Bagian layanan Komputer (LK)                  : Riyato
: Ihwan Ahmadi
: Slamet
5.      Bagian layanan Referensi (LR)                    : Suprapto

B.1. Bagian layanan administrasi (LA)
B.1.1. Pendaftaran Anggota Baru
1. Mengisi dan menandatangani formulir pendataran secara lengkap
2. Menyerahkan foto copi kwitansi pembayaran dan kartu Heregistrasi
3. Menyerahkan pas foto berwarna dengan backround merah ukuran  3 x 2 sebanyak 2 lembar atau foto oleh staf perpustakaan.

B.1.2. Jika berasal dari instansi atau luar kampus UNP Kediri :
1. . Mengisi dan menandatangani formulir pendataran secara lengkap
2. Menyerahkan surat pengantar atau surat keterangan dari instansi asal
3. Menyerahkan pas foto berwarna dengan backround merah ukuran  3 x 2 sebanyak 2 lembar atau foto oleh staf perpustakaan.
4. Membayar uang administrasi Rp.50.000.-
5. Menerima kartu anggota perpustakaan
6. Menggunakan Fasilitas perpustakaan

B.2. Bagian layanan teknis (LT)
1. Bagian Layanan Teknis Peminjaman (LTPM)
a. Pengguna perpustakaan menyerahkan  buku atau literature (maksimal 2 buku atau literature) ke bagian layanan peminjaman dan mengisi blangko peminjaman.
b. menunjukkan kartu peminjaman
c. Membawa buku dan literature yang sudah diproses oleh petugas selama masa 1 minggu.
2. Bagian Layanan Teknis Pengembalian (LTPN}
a. Pengguna perpustakaan menyerahkan buku dan atau letaratur yang dipinjam kepada petugas
b. Petugas menerimanya dengan memasukkan kartu ke kompuer pengembalian dan memberi tanda  pada kertas pinjaman bahwa buku atau literature telah kembali
c. Petugas menyerahkan kartu perpustakaan kepada pengguna perpustakaan sehingga kartu tersebut bisa digunakan kembali.

B.3. Bagian layanan umum (LU)
Urusan kebersihan dan penataan ruangan (UBP)
Petugas Layanan umum 30 menit sebelum perpustakaan dibuka melakukan pengecekan situasi, kondisi dan semua sarana prasarana perpustakaan.
Urusan keamanan (UK)
a.       Petugas layanan umum melakukan monitoring ke setiap ruang perpustakaan setiap 1 jam sekali (60 menit) sekali
b.      Mengingatkan dan memperingatkan pengguna perpustakaan jika melakukan aktivitas yang mengganggu aktivitas pengguna perpustakaan lain.
c.       Mengumpulkan semua buku dan atau literatur lain yang sudah dipakai oleh pengguna perpustakaan pada meja pengembalian.
d.      Membuat catatan kejadian sekaligus laporan kepada kepala perpustakaan jika selama monitoring menemukan masalah.

B.4. Bagian layanan Komputer (LK)
1. Surat Keluar
a. Setelah menerima berbagai konsep surat dari layanan administrasi atau layanan yang lain, petugas LK membuat Arsip Data Komputer (ADK).
b. memintakan tanda tangan sejumlah surat yang sudah diketik kepada kepala perpustakaan.

2. Surat  Kunjungan Masuk
Jika terkait surat kunjungan masuk mahasiswa keperpustakaan Perguruan Tinggi lain maka prosedurnya sebagai berikut:
a.       Mahasiswa menyampaikan maksud dan tujuan kunjungan kepada petugas LK
b.      Menyerahkan kartu Perpustakaan yang masih berlaku kepada petugas LK sebagai dasar dan rujukan untuk membuat surat kunjungan.
c.       Memintakan tanda tangan kepada kepala perpustakaan
d.      Menyerahkan surat kunjungan kepada mahasiswa
e.       Surat kunjungan bisa digunakan
Catatan : Satu Mahasiswa satu surat kunjungan.
3. Pengelolaan Bahan Koleksi
Dalam pengelolaan bahan koleksi dilakukan secara komputerisasi supaya mempermudahkan dalam pengecekan antara buku dan atau literatur yang keluar dengan yang ada.
4. Penggunaan Ruang Komputer dan Internet
Dalam penggunaan ruang komputer dan internet mahasiswa diharuskan mengisi buku presensi dan selama menggunakan dibatasi 30 menit untuk memberi kesempatan yang lainnya. Bisa menggunakan komputer lagi namun dengan komputer yang beda. Setelah selesai keluar dengan tertib
Tata tertib di ruang komputer atau internet
1.      Pengguna perpustakaan wajib menjaga kesopanan, terertiban dan kebersihan
2.      Pengguna komputer atau internet maksimal 30 menit setiap mahasiswa/ dosen/karyawan
3.      Komputer atau internet hanya digunakan untuk keperluan perkuliahan dan kegiatan yang mendukung pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat
4.      Pengguna perpustakaan dilarang membuat gaduh, merokok, membuang sampah diruangan, dan sengaja merusak sarana prasarana diruang komputer dan internet
5.      Jika terjadi kesalahan penggunaan, kerusakan atau segala sesuatu yang membuat komputer/internet tidak conek pengguna segera melapor ke petugas
6.      Tata tertib ini wajib dilaksanakan, dan apabila terjadi pelanggaran akan dikenai tindakan dan sangsi yang berlaku.
B5. bagian layanan referensi (lR)
Yaitu memberikan layanan tentang referensi buku dan juga skripsi serta memfoto copikan jika mahasiswa menghendaki dan dilakukan oleh seorang petugas saja.

II. Tata Cara Memasuki Perpustakaan UNP Kediri
1.      Melakukan presensi pada buku presesnsi yang sudah disediakan di meja presensi
2.      Menyimpan tas, jaket dan buku paket/diktat pada loker yang sudah disediakan dan mengunci loker
3.      Masuk ruangan perpustakaan dengan memperhatikan hal-hal berikut ini:
a.       Menemukan, membaca buku atau literatur yang dibutuhkan secara mandiri (perpustakaan UNP Kediri menggunakan system layanan terbuka)
b.      Jika buku / literatur yang sudah ditemukan akan dibaca atau ditulis maka pengguna perpustakaan harus melakukannya di ruang baca
c.       Jika buku dan literatur yang sudah ditemukan akan dipinjam, pengguna perpustakaan wajib :
1.      Menyerahkan buku/literatur tersebut ke layanan teknis dan mengisi blanko peminjaman
2.      Menunjukkan kartu perpustakaan
3.      Mengambil buku atau literatur setelah diproses petugas

III.               PERATURAN UMUM
Pengguna perpustakaan UNP Kediri diharapkan:
1.      Berpakaian rapi (baju/kaos berkerah), sopan dan bersepatu
2.      Menjaga kebersihan, ketertiban, ketenangan dan KEJUJURAN
3.      Menyimpan buku pribadi, tas, jaket dan topi di rak yang telah disediakan
4.      Tidak  merusak dan menghilangkan koleksi
5.      Tidak membuat gaduh di ruangan
6.      Tidak makan, minum dan merokok di ruang baca
7.      Tidak Melakukan aktivitas di ruang perpustakaan untuk keperluan non akademik

IV.              PENELUSURAN BAHAN PUSTAKA
Koleksi perpustakaan perlu dibuatkan suatu daftar agar pemakai perpustakaan mengetahui bahan pustaka yang diinginkan. Daftar itu disebut katalog, jadi katalog merupakan sistematika daftar buku/bahan pustaka yang memberikan informasi tentang pengarang, judul, edisi, penerbit, tahun, tampilan fisik dan informasi yang perlu lainnya. Pemkai perpustakaan mencari suatu buku paling tidak harus mengetahui salah satu dari sejumlah unsure tersebut. Berdasarkan pertimbangan ini maka kartu katalog disusun berdasarkan pengarang (katalog pengarang), judul (katalog judul), dan subyeknya ( katalog subyek). Contoh : buku dengan judul “Prespektif Pendidikan Anak Berbakat”, akan mempunyai tiga kartu katalog sebagai berikut :
1.      Katalog Judul
Prespektif Pendidikan Anak Berbakat
a.       Kode buku                   : 371.9.SEM.P
b.      Judul buku                    : Prespektif Pendidikan Anak Berbakat
c.       Jenis buku                    : Pendidikan
d.      Tempat                         : Rak C-1
e.       Pengarang                    : Conny Semiawan
f.        Penerbit                        : Gramedia Jakarta 2011

2.      Katalog Pengarang
Semiawan, Conny
a.  Pengarang                    : Conny Semiawan
b.  Kode buku                   : 371.9.SEM.P
c.  Judul buku                    : Prespektif Pendidikan Anak Berbakat
d.  Jenis buku                    : Pendidikan
e.  Tempat                         : Rak C-1
f.    Penerbit                        : Gramedia Jakarta 2011

3.      Katalog Subyek
Pendidikan
a.  Pengarang                    : Conny Semiawan
b.  Kode buku                   : 371.9.SEM.P
c.  Judul buku                    : Prespektif Pendidikan Anak Berbakat
d.  Jenis buku                    : Pendidikan
e.  Tempat                         : Rak C-1
f.    Penerbit                        : Gramedia Jakarta 2011

I.        Cara menemukan buku di rak
1.      Mencermati klasifikasi buku berdasarkan sistem DDC,  yaitu :
000 : Karya Umum
100 : Filsafat
200 : Agama
300 : Ilmu-ilmu Sosial
400 : Bahasa
500 : Ilmu-ilmu Murni
600 : Ilmu-ilmu Terapan
700 : Kesehatan
800 : Kesusastraan
900 : Geografi dan Sejarah





2.      Mencermati sejumlah kode yang ada di rak buku, yaitu :

KODE RAK BESERTA KOLEKSI BUKU
PERPUSTAKAAN UNP PGRI KEDIRI

Judul Buku
Kode Warna
Judul Buku
Kode Warna
A – 1
Umum, Jurnalistik, Ilmu Perpustakaan, Agama
Merah
A – 2
Teknologi informasi, Komputer, Kemasyarakatan, Komunikasi
Merah
B – 1
Riset Penelitian, Teori Prosedur, Metodologi, Statistik
Hijau
Merah
B – 2
Biologi umum, Pertanian, Lingkungan Hidup
Hijau
C – 1
Bimbingan Konseling, Belajar & Pembelajaran
Biru
C – 2
Filsafat, Moral, Psikologi, Administrasi & Supervisi, Pendidikan, Kurikulum
Biru
D – 1
Matematika
Hitam
D – 2
Matematika, kimia, fisika
Hitam
E – 1
PMP-KN
Merah
Hitam
E – 2
Sejarah Kebudayaan
Merah
Merah
Hitam
F – 1
Bahasa Indonesia, Kebahasaan, Keterampilan Berbahasa
Hijau
Hijau
F – 2
Bahasa Indonesia, Sastra
Hijau
Hijau
G – 1
Bahasa Inggris
Biru
Biru
G – 2
PMP-KN, Undang-undang, Hukum
Biru
Merah
Biru
H  – 1
PEA
 Pendidikan Ekonomi Akuntansi
Hitam
Hitam
H  – 2
PEA
 Pendidikan Ekonomi Akuntansi
Hitam
Hitam
I – 1
Fakultas Ekonomi
Manajemen
Merah
Merah
Merah
I – 2
Fakultas Ekonomi
Akuntansi
Merah
Merah
Merah
J – 1
Teknik Otomotif
Hijau
Hijau
Hijau
J – 2
Teknik Referensi
Hijau
Hijau
Hijau  
R
K – 1
Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Jasmani
Biru
Biru
Biru
K – 2
Penjaskesrek
Biru
Biru
Biru
J – 2
Referensi
R
Ruang Skripsi
Skripsi
RS

I.       SISTEM LAYANAN
1.    Perpustakaan unp kediri menerapkan system layanan TERBUKA (OPEN ACCESS)
2.    Pengguna perpustakaan diberikan keleluasaan untuk menelusuri langsung ke rak koleksi dan mengambil buku yang akan di pinjam
3.    Untuk masuk perpustakaan setiap pengunjung diwajibkan melakukan presesnsi pada daftar hadir yang telah disediakan sekaligus menunjukkan kartu perpustakaan
4.    Sejak tahun akademik 2009/2010 pengguna perpustakaan bisa akses katalog  buku dengan sistem kompuer dan internet


II.     JAM LAYANAN
ü      Senin S/d Kamis
      Pagi : 07.00 – 13.00 WIB
      Sore : 13.00 - 19.00 WIB

ü      Jum’at
                                    Pagi : 07.00 – 11.00 WIB
                                    Sore : 13.00 – 19.00 WIB

ü      Sabtu
                                    Pagi : 06.30 -12.00 WIB

Tidak ada komentar:

Posting Komentar