PERPUSTAKAAN PUSAT
UNIVERSITAS NUSANTARA PGRI KEDIRI
I. PENDAHULUAN
Perpustakaan
Perguruan Tinggi mempunyai tugas memberikan pelayanan kepada civitas
akademiknya dibidang pustaka dalam rangka melaksanakan program Tri Darma
Perguruan Tinggi, yaitu Pendidikan dan pengajaran, penelitian, dan Pengabdian
pada Masyarakat.
Untuk Pendidikan dan pengajaran,
Perpustakaan perlu menghimpun dan miminjamkan bahan pustaka yang dapat
memperluas cakrawala pandang pemakainya. Bahan pustaka yang dimasukkan dalam
kelompok ini adalah buku acuan atau buku referensi, non fiksi, majalah, dan
beberapa surat
kabar. Untuk menunjang kegiatan penelitian perpustakaan perlu menghimpun
hasil-hasil penelitian baik yang telah diterbitkan secara luas maupunn
terbatas. Laporan hasil penelitian ini biasanya disertai dengan data statistik
sebagai penunjang. Misalnya : Skripsi (hasil penelitian mahasiswa S1) dan Tesis
hasil penelitian mahasiswa S2, Disertasi hasil penelitian mahasiswa S3 dan
sejumlah laporan penelitian yang dimuat dalam jurnal penelitian. Sedangkan
untuk menunjang kegiatan pengabdian pada Masyarakat Perpustakaan menghimpun
hasil penelitian mahasiswa yang melaksanakan kuliah kerja nyata (KKN) atau
kuliah kerja lapangan (KKL)
Dalam menunjang kegiatan perkuliahan
fungsi perpustakaan menjadi sangat penting karena mahasiswa bisa
memanfaatkannya untuk belajar, diskusi, dan penelusuran berbagai bahan pustaka,
hal ini sesuai dengan fungsi perpustakaan yang meliputi fungsi Informasi,
Pendidikan, Penelitian, Budaya dan Rekreasi
Melalui P4T
di lingkungan UNP kediri
mahasiswa diharapkan:
1. Sadar akan adanya jasa layanan perpustakaan yang dapat dimanfaatkan
2. Mengenal secara baik sumber-sumber informasi yang dibutuhkan
3. Mampu mempergunakan metode dan teknik penelusuran bahan pustaka
4. Mampu memahami sejumlah layanan yang ada di perpustakaan UNP kediri
1. Sadar akan adanya jasa layanan perpustakaan yang dapat dimanfaatkan
2. Mengenal secara baik sumber-sumber informasi yang dibutuhkan
3. Mampu mempergunakan metode dan teknik penelusuran bahan pustaka
4. Mampu memahami sejumlah layanan yang ada di perpustakaan UNP kediri
II. VISI,
MISI, TUJUAN DAN FUNGSI PERPUSTAKAAN UNP KEDIRI
VISI :
Mengembangkan dan memperdayakan potensi Perpustakaan untuk mendukung pelaksanaan Tri Darma Perguruan Tinggi.
MISI :
1. Meningkatkan dan mengembangkan koleksi Perpustakaan
2. Meningkatkan layanan pada civitas akademika
3. Meningkatkan dan mengembangkan SDM Perpustakaan
Mengembangkan dan memperdayakan potensi Perpustakaan untuk mendukung pelaksanaan Tri Darma Perguruan Tinggi.
MISI :
1. Meningkatkan dan mengembangkan koleksi Perpustakaan
2. Meningkatkan layanan pada civitas akademika
3. Meningkatkan dan mengembangkan SDM Perpustakaan
4. Menyelenggarakan kerjasama bidang
perpustakaan dengan perpustakaan lain dan instansi terkait.
TUJUAN
:
Meningkatkan, mengembangkan, dan
mempertinggi aktifitas dan inat baca civitas akademika sehingga dapat mendukung
kemampuan di bidang akademik, penelitian dan pengabdian masyarakat
FUNGSI
:
1. Fungsi Informasi
2. Fungsi
Pendidikan
3. Fungsi Penelitian
4. Fungsi Kebudayaan
5. Fungsi Rekreasi
III.
MACAM SUMBER REFERENSI DAN INFORMASI ILMIAH
Segala aktivitas informasi memerlukan sumber informasi, sarana penyampaian dan penerima. Informasi dapat berupa keterangan yang berasal dari ide-ide pemikiran perorangan maupun kelompok yang tercetak maupun terekam, gambar data dan sebagainya. Karena keanekaragaman bentuk sumber informasi menyulitkan pengguna informasi maka sumber informasi perlu dikelompokkan menurut Subyek, Format, Kode atau gabungan dari unsur-unsur tersebut.
Segala aktivitas informasi memerlukan sumber informasi, sarana penyampaian dan penerima. Informasi dapat berupa keterangan yang berasal dari ide-ide pemikiran perorangan maupun kelompok yang tercetak maupun terekam, gambar data dan sebagainya. Karena keanekaragaman bentuk sumber informasi menyulitkan pengguna informasi maka sumber informasi perlu dikelompokkan menurut Subyek, Format, Kode atau gabungan dari unsur-unsur tersebut.
Sumber Primer adalah karangan asli yang ditulis secara lengkap oleh satu atau beberapa orang. Misalnya : Monografi, artikel dalam majalah, hasil penelitian, laporan langsung atau reportase ( dalam bentuk rekaman) dan skripsi, tesis, atau disertasi.
Sumber Sekunder merupakan segala jenis ringkasan sumber primer. Sumber ini merupakan alat bantu bagi pemakai dalam menentukan jenis informasi yang diperlukan. Melalui ringkasan karangan asli pemakai dapat memilih informasi sesuai dengan bidangnya. Misalnya : ensiklopedi , kamus, direktori, buku pegangan, almanak, buku tahunan, biografi, abstrak, dan sumber referensi lainnya.
Sumber Tersier : sumber ini dapat dipergunakan sebagai informasi awal untuk menelusuri informasi berikutnya. Misalnya: bibliografi dan indeks
IV.
KOLEKSI PERPUSTAKAAN
1. Buku ( Sekarang
2. Referensi
1. Almanak (contoh: Almanak Indonesi, Jakarta:BPS 1970)
2. Ensiklopedia
3. Kamus
4. Skripsi, Tesis, Laporan Hasil Penelitian
5. Majalah
6. Jurnal Ilmiah
7. Koran
8. CD (program-program perpustakaan)
9. Ruang Komputer dan internet dengan 10 unit komputer Speedy Unlimited dan Hotspot
2. Referensi
1. Almanak (contoh: Almanak Indonesi, Jakarta:BPS 1970)
2. Ensiklopedia
3. Kamus
4. Skripsi, Tesis, Laporan Hasil Penelitian
5. Majalah
6. Jurnal Ilmiah
7. Koran
8. CD (program-program perpustakaan)
9. Ruang Komputer dan internet dengan 10 unit komputer Speedy Unlimited dan Hotspot
V. STRUKTUR
ORGANISASI DAN BAGIAN LAYANAN PERPUSTAKAAN UNP KEDIRI
A.
YPLP PT PGRI KEDIRI
REKTOR UNP KEDIRI
PEMBANTU REKTOR !
KEPALA PERPUSTAKAAN
STAF PERPUSTAKAAN
- Bagian layanan perpustakaan
1. Bagian
layanan administrasi (LA) : Soharto
2. Bagian
layanan teknis (LT)
a. layanan
teknis peminjaman (LTPM) : Sri
Hartini , Nuruh Hasanah
b. Layanan
Teknis penagihan (LTPN) : Nanang
Sugiono
3. Bagian
layanan umum (LU) :
Sutrisni
4. Bagian
layanan Komputer (LK) :
Riyato
: Ihwan
Ahmadi
: Slamet
5. Bagian
layanan Referensi (LR) :
Suprapto
B.1. Bagian layanan administrasi (LA)
B.1.1. Pendaftaran Anggota Baru
1. Mengisi
dan menandatangani formulir pendataran secara lengkap
2.
Menyerahkan foto copi kwitansi pembayaran dan kartu Heregistrasi
3.
Menyerahkan pas foto berwarna dengan backround merah ukuran 3 x 2 sebanyak 2 lembar atau foto oleh staf
perpustakaan.
B.1.2. Jika berasal dari instansi atau luar
kampus UNP Kediri :
1. .
Mengisi dan menandatangani formulir pendataran secara lengkap
2.
Menyerahkan surat pengantar atau surat keterangan dari
instansi asal
3.
Menyerahkan pas foto berwarna dengan backround merah ukuran 3 x 2 sebanyak 2 lembar atau foto oleh staf
perpustakaan.
4. Membayar
uang administrasi Rp.50.000.-
5. Menerima
kartu anggota perpustakaan
6.
Menggunakan Fasilitas perpustakaan
B.2. Bagian layanan teknis (LT)
1. Bagian Layanan Teknis Peminjaman (LTPM)
a. Pengguna
perpustakaan menyerahkan buku atau literature
(maksimal 2 buku atau literature) ke bagian layanan peminjaman dan mengisi
blangko peminjaman.
b.
menunjukkan kartu peminjaman
c. Membawa
buku dan literature yang sudah diproses oleh petugas selama masa 1 minggu.
2. Bagian Layanan Teknis Pengembalian (LTPN}
a. Pengguna
perpustakaan menyerahkan buku dan atau letaratur yang dipinjam kepada petugas
b. Petugas
menerimanya dengan memasukkan kartu ke kompuer pengembalian dan memberi
tanda pada kertas pinjaman bahwa buku
atau literature telah kembali
c. Petugas
menyerahkan kartu perpustakaan kepada pengguna perpustakaan sehingga kartu
tersebut bisa digunakan kembali.
B.3. Bagian layanan umum (LU)
Urusan kebersihan dan penataan ruangan (UBP)
Petugas Layanan umum 30 menit sebelum
perpustakaan dibuka melakukan pengecekan situasi, kondisi dan semua sarana
prasarana perpustakaan.
Urusan keamanan (UK)
a.
Petugas layanan umum melakukan monitoring ke setiap
ruang perpustakaan setiap 1 jam sekali (60 menit) sekali
b.
Mengingatkan dan memperingatkan pengguna perpustakaan
jika melakukan aktivitas yang mengganggu aktivitas pengguna perpustakaan lain.
c.
Mengumpulkan semua buku dan atau literatur lain yang
sudah dipakai oleh pengguna perpustakaan pada meja pengembalian.
d.
Membuat catatan kejadian sekaligus laporan kepada kepala
perpustakaan jika selama monitoring menemukan masalah.
B.4. Bagian layanan Komputer (LK)
1. Surat
Keluar
a. Setelah
menerima berbagai konsep surat
dari layanan administrasi atau layanan yang lain, petugas LK membuat Arsip Data
Komputer (ADK).
b. memintakan
tanda tangan sejumlah surat
yang sudah diketik kepada kepala perpustakaan.
2. Surat Kunjungan Masuk
Jika
terkait surat
kunjungan masuk mahasiswa keperpustakaan Perguruan Tinggi lain maka prosedurnya
sebagai berikut:
a.
Mahasiswa menyampaikan maksud dan tujuan kunjungan
kepada petugas LK
b.
Menyerahkan kartu Perpustakaan yang masih berlaku
kepada petugas LK sebagai dasar dan rujukan untuk membuat surat kunjungan.
c.
Memintakan tanda tangan kepada kepala perpustakaan
d.
Menyerahkan surat
kunjungan kepada mahasiswa
e.
Surat
kunjungan bisa digunakan
Catatan : Satu Mahasiswa satu surat kunjungan.
3. Pengelolaan Bahan Koleksi
Dalam pengelolaan bahan koleksi dilakukan secara
komputerisasi supaya mempermudahkan dalam pengecekan antara buku dan atau
literatur yang keluar dengan yang ada.
4. Penggunaan Ruang Komputer dan Internet
Dalam penggunaan ruang komputer dan internet mahasiswa diharuskan
mengisi buku presensi dan selama menggunakan dibatasi 30 menit untuk memberi
kesempatan yang lainnya. Bisa menggunakan komputer lagi namun dengan komputer
yang beda. Setelah selesai keluar dengan tertib
Tata tertib di ruang komputer
atau internet
1.
Pengguna perpustakaan wajib menjaga kesopanan,
terertiban dan kebersihan
2.
Pengguna komputer atau internet maksimal 30 menit
setiap mahasiswa/ dosen/karyawan
3.
Komputer atau internet hanya digunakan untuk keperluan
perkuliahan dan kegiatan yang mendukung pendidikan, penelitian dan pengabdian
masyarakat
4.
Pengguna perpustakaan dilarang membuat gaduh, merokok,
membuang sampah diruangan, dan sengaja merusak sarana prasarana diruang
komputer dan internet
5.
Jika terjadi kesalahan penggunaan, kerusakan atau
segala sesuatu yang membuat komputer/internet tidak conek pengguna segera
melapor ke petugas
6.
Tata tertib ini wajib dilaksanakan, dan apabila terjadi
pelanggaran akan dikenai tindakan dan sangsi yang berlaku.
B5. bagian layanan referensi (lR)
Yaitu memberikan layanan tentang referensi buku
dan juga skripsi serta memfoto copikan jika mahasiswa menghendaki dan dilakukan
oleh seorang petugas saja.
II. Tata Cara Memasuki Perpustakaan UNP Kediri
1.
Melakukan presensi pada buku presesnsi yang sudah
disediakan di meja presensi
2.
Menyimpan tas, jaket dan buku paket/diktat pada loker
yang sudah disediakan dan mengunci loker
3.
Masuk ruangan perpustakaan dengan memperhatikan hal-hal
berikut ini:
a.
Menemukan, membaca buku atau literatur yang dibutuhkan
secara mandiri (perpustakaan UNP Kediri menggunakan system layanan terbuka)
b.
Jika buku / literatur yang sudah ditemukan akan dibaca
atau ditulis maka pengguna perpustakaan harus melakukannya di ruang baca
c.
Jika buku dan literatur yang sudah ditemukan akan
dipinjam, pengguna perpustakaan wajib :
1.
Menyerahkan buku/literatur tersebut ke layanan teknis
dan mengisi blanko peminjaman
2.
Menunjukkan kartu perpustakaan
3.
Mengambil buku atau literatur setelah diproses petugas
III.
PERATURAN UMUM
Pengguna perpustakaan UNP Kediri diharapkan:
1.
Berpakaian rapi (baju/kaos berkerah), sopan dan
bersepatu
2.
Menjaga kebersihan, ketertiban, ketenangan dan
KEJUJURAN
3.
Menyimpan buku pribadi, tas, jaket dan topi di rak yang
telah disediakan
4.
Tidak merusak
dan menghilangkan koleksi
5.
Tidak membuat gaduh di ruangan
6.
Tidak makan, minum dan merokok di ruang baca
7.
Tidak Melakukan aktivitas di ruang perpustakaan untuk
keperluan non akademik
IV.
PENELUSURAN BAHAN PUSTAKA
Koleksi perpustakaan
perlu dibuatkan suatu daftar agar pemakai perpustakaan mengetahui bahan pustaka
yang diinginkan. Daftar itu disebut katalog, jadi katalog merupakan sistematika
daftar buku/bahan pustaka yang memberikan informasi tentang pengarang, judul,
edisi, penerbit, tahun, tampilan fisik dan informasi yang perlu lainnya. Pemkai
perpustakaan mencari suatu buku paling tidak harus mengetahui salah satu dari
sejumlah unsure tersebut. Berdasarkan pertimbangan ini maka kartu katalog
disusun berdasarkan pengarang (katalog pengarang), judul (katalog judul), dan
subyeknya ( katalog subyek). Contoh : buku dengan judul “Prespektif Pendidikan
Anak Berbakat”, akan mempunyai tiga kartu katalog sebagai berikut :
1. Katalog
Judul
Prespektif
Pendidikan Anak Berbakat
a. Kode
buku : 371.9.SEM.P
b. Judul
buku : Prespektif
Pendidikan Anak Berbakat
c. Jenis
buku :
Pendidikan
d. Tempat
: Rak C-1
e. Pengarang
: Conny Semiawan
f.
Penerbit :
Gramedia Jakarta 2011
2. Katalog
Pengarang
Semiawan,
Conny
a. Pengarang : Conny Semiawan
b. Kode buku : 371.9.SEM.P
c. Judul buku : Prespektif Pendidikan Anak
Berbakat
d. Jenis buku : Pendidikan
e. Tempat : Rak C-1
f. Penerbit
: Gramedia Jakarta
2011
3. Katalog
Subyek
Pendidikan
a. Pengarang : Conny Semiawan
b. Kode buku : 371.9.SEM.P
c. Judul buku : Prespektif Pendidikan Anak
Berbakat
d. Jenis buku : Pendidikan
e. Tempat : Rak C-1
f. Penerbit
: Gramedia Jakarta
2011
I.
Cara menemukan buku di rak
1.
Mencermati klasifikasi buku berdasarkan sistem
DDC, yaitu :
000 : Karya Umum
100 : Filsafat
200 : Agama
300 : Ilmu-ilmu Sosial
400 : Bahasa
500 : Ilmu-ilmu Murni
600 : Ilmu-ilmu Terapan
700 : Kesehatan
800 : Kesusastraan
900 : Geografi dan Sejarah
2.
Mencermati sejumlah kode yang ada di rak buku, yaitu :
KODE RAK
BESERTA KOLEKSI BUKU
PERPUSTAKAAN
UNP PGRI KEDIRI
Judul
Buku
|
Kode
Warna
|
Judul
Buku
|
Kode
Warna
|
A – 1
Umum,
Jurnalistik, Ilmu Perpustakaan, Agama
|
Merah
|
A – 2
Teknologi
informasi, Komputer, Kemasyarakatan, Komunikasi
|
Merah
|
B – 1
Riset
Penelitian, Teori Prosedur, Metodologi, Statistik
|
Hijau
Merah
|
B – 2
Biologi
umum, Pertanian, Lingkungan Hidup
|
Hijau
|
C – 1
Bimbingan
Konseling, Belajar & Pembelajaran
|
Biru
|
C – 2
Filsafat,
Moral, Psikologi, Administrasi & Supervisi, Pendidikan, Kurikulum
|
Biru
|
D – 1
Matematika
|
Hitam
|
D – 2
Matematika,
kimia, fisika
|
Hitam
|
E – 1
PMP-KN
|
Merah
Hitam
|
E – 2
Sejarah
Kebudayaan
|
Merah
Merah
Hitam
|
F – 1
Bahasa
Indonesia, Kebahasaan, Keterampilan Berbahasa
|
Hijau
Hijau
|
F – 2
Bahasa
Indonesia, Sastra
|
Hijau
Hijau
|
G – 1
Bahasa
Inggris
|
Biru
Biru
|
G – 2
PMP-KN,
Undang-undang, Hukum
|
Biru
Merah
Biru
|
H – 1
PEA
Pendidikan Ekonomi Akuntansi
|
Hitam
Hitam
|
H – 2
PEA
Pendidikan Ekonomi Akuntansi
|
Hitam
Hitam
|
I – 1
Fakultas
Ekonomi
Manajemen
|
Merah
Merah
Merah
|
I – 2
Fakultas
Ekonomi
Akuntansi
|
Merah
Merah
Merah
|
J – 1
Teknik
Otomotif
|
Hijau
Hijau
Hijau
|
J – 2
Teknik
Referensi
|
Hijau
Hijau
Hijau
R
|
K – 1
Pendidikan
Jasmani Kesehatan dan Jasmani
|
Biru
Biru
Biru
|
K – 2
Penjaskesrek
|
Biru
Biru
Biru
|
J – 2
Referensi
|
R
|
Ruang
Skripsi
Skripsi
|
RS
|
I. SISTEM
LAYANAN
1. Perpustakaan
unp kediri
menerapkan system layanan TERBUKA (OPEN ACCESS)
2. Pengguna
perpustakaan diberikan keleluasaan untuk menelusuri langsung ke rak koleksi dan
mengambil buku yang akan di pinjam
3. Untuk
masuk perpustakaan setiap pengunjung diwajibkan melakukan presesnsi pada daftar
hadir yang telah disediakan sekaligus menunjukkan kartu perpustakaan
4. Sejak
tahun akademik 2009/2010 pengguna perpustakaan bisa akses katalog buku dengan sistem kompuer dan internet
II. JAM
LAYANAN
ü
Senin S/d Kamis
Pagi : 07.00 – 13.00 WIB
Sore : 13.00 - 19.00 WIB
ü
Jum’at
Pagi
: 07.00 – 11.00 WIB
Sore
: 13.00 – 19.00 WIB
ü
Sabtu
Pagi
: 06.30 -12.00 WIB
Tidak ada komentar:
Posting Komentar